Tips dan Trik Internet

Semua Tentang Internet

Jenis-Jenis Sistem Operasi Berbasis GUI


Sistem Operasi  yang berbasis GUI adalah sebagai berikut:
1.      Linux  adalah nama yang diberikan kepada sistem operasi komputer bertipe Unix. Linux merupakan salah satu contoh hasil pengembangan perangkat lunak bebas dan sumber terbuka utama.
2.      Microsoft Windows 2.0 merupakan versi kedua dari sistem operasi berbasis graphical user interface (GUI) buatan Microsoft Corporation, yang dirilis pada 9 Desember 1987 akibat kurang suksesnya Windows versi 1.0. Sebab Windows 1.0 kurang sukses adalah karena kurangnya aplikasi yang mendukung Windows 1.x. Windows 2.x mendukung penggunaan kartu grafis dengan spesifikasi VGA (Video Graphics Array), sehingga dapat menampilkan resolusi hingga 640x480 pada kedalaman warna 4-bit (16 warna).
3.      Microsoft Windows 1.0 merupakan versi pertama sistem operasi dalam dunia sistem operasi berbasis Graphical User Interface (GUI) yang dibuat oleh Microsoft Corporation . Versi ini sebenarnya diluncurkan pertama kali pada tanggal 10 November1983[2], tapi tidak pernah keluar ke pasar publik sebelum bulan November1985, karena banyaknya hambatan yang terjadi ketika pengembangan berlangsung. Windows 1.x bukanlah merupakan sebuah paket sistem operasi GUI—seperti halnya Apple dengan Lisa dan Macintosh-nya, tetapi hanya merupakan paket GUI tambahan yang berjalan di atas DOS.
4.      MS-DOS, singkatan dari Microsoft Disk Operating System, adalah sebuah sistem operasi yang sangat banyak digunakan oleh komputer IBM-PC atau yang kompatibel dengannya. Microsoft membuat MS-DOS sebagai sebuah sistem operasi mainstream, sebelum pada akhirnya menghentikan dukungan MS-DOS.
5.      Windows NT merupakan sebuah sistem operasi 32-bit dari Microsoft yang menjadi leluhur sistem operasi Windows 2000, Windows XP, Windows Server 2003, dan Windows Vista. Sistem operasi tersebut pada awalnya mendukung beberapa platformmikroprosesor, dimulai dari Intel 80x86(hingga sekarang), MIPS R4x00 (dihentikan pada versi Windows NT 4.0), Digital Equipment CorporationAlpha AXP (dihentikan pada versi Windows 2000 Beta 3), IBM PowerPC (dimulai dari versi Windows NT 3.51 dan dihentikan pada versi Windows NT 4.0), serta beberapa platform lainnya, seperti Clipper dan SPARC (tidak dirilis untuk umum, karena dibuat oleh pihak ketiga, Intergraph).
6.      Windows 3.0 merupakan versi ketiga dari sistem operasi berbasis graphical user interface yang dibuat oleh Microsoft Corporation yang dirilis pada tanggal 22 Mei 1990. Windows 3.00 memiliki semua kelebihan dari Windows 2.xx, seperti dukungan untuk kartu grafis VGA (bahkan untuk kartu SVGAatau XGA).
7.      Dreamlinuxsistem operasi berbasis Debian yang berasal dari Brazil. Ia dapat boot dari Live CD, USB flash drive, atau dapat diinstal pada sebuah harddisk.
8.      Ubuntu merupakan salah satu distribusi Linux yang berbasiskan Debian dan didistribusikan sebagai software bebas. nama Ubuntu berasal dari filosofi dari Afrika Selatan yang berarti "Kemanusiaan kepada sesama"[7]. Ubuntu didesain untuk kepentinga penggunaan personal, namun versi server Ubuntu juga tersedia, dan telah dipakai secara luas.
9.      Puppy Linux adalah salah satu distro LinuxLive CD yang sangat kecil ukurannya dan mengutamakan kemudahan dalam penggunaan. Seluruh sistem operasi dan aplikasinya berjalan dalam RAM, yang membolehkan media booting dilepas setelah sistem operasi berhasil dijalankan.
10.  MorphOS adalah sebuah sistem operasi yang bersifat campuran antara sumber tertutup dan sumber terbuka, diproduksi untuk komputer berbasis prosesor PegasosPowerPC, sebagian besarnya model-model komputer Amiga yang dilengkapi akselerator PPC dan sederetan boardpengembangan Freescale yang menggunakan Genesi Firmware, termasuk di antaranya EFIKA dan mobileGT.
11.  VectorLinux, disingkat VL, adalah sistem operasiLinux untuk platformx86berbasis Slackware Linux. Awalnya dikembangkan oleh pengembang Kanada: Robert S. Lange dan Darell Stavem, kini sistem operasi ini telah mempunyai komunitas internasional.
12.  LXDELightweight X11 Desktop Environment, adalah sebuah lingkungan desktop yang ringan dan cepat. LXDE dirancang agar ramah bagi pengguna dan desainnya ramping, ini untu menjaga agar penggunaan sumber daya tetap rendah. LXDE menggunakan RAM dan CPU berkemampuan rendah namun tetap kaya fitur sistem operasi. Karena penggunaan sumber daya yang rendah inilah yang membuat LXDE hemat energi.
13.  Sinomanic Tianhua GX-1C adalah laptop mini yang khusus diperuntukkan bagi anak-anak SD dan SMP di Tiongkok. Laptop ini menggunakan prosesorasli buatan Tiongkok, yaitu Loongson I (Longxin). Pembuatan laptop ini dimaksudkan untuk mengenalkan murid pada dunia komputer dan juga sebagai sarana pembantu proses pembelajaran.
14.  Slackware merupakan sistem operasi yang dibuat oleh Patrick Volkerdingdari Slackware Linux, Inc. Slackware merupakan salah satu distro Linuxawal, dan merupakan yang tertua yang masih dikelola. Tujuan utama Slackware adalah stabilitas dan kemudahan desain, serta menjadi distribusi Linux yang paling mirip Unix.
15.  Red Hat (NASDAQ: RHAT) adalah salah satu perusahaan terbesar dan dikenal untuk dedikasinya atas perangkat lunak sumber bebas. Red Hat didirikan pada 1993 dan bermarkas di Raleigh, North Carolina, Amerika Serikat. Red Hat terkenal karena produknya Red Hat Linux salah satu distro Linux utama.
16.  PCLinuxOS, sering disingkat sebagai PCLOS, adalah sebuah sistem operasi desktop. Ini adalah sebuah sistem operasi bebas untuk komputer pribadi yang bertujuan untuk memudahkan penggunaan.
17.  Arch Linux (atau Arch) adalah sebuah sistem operasi yang didesain untuk menjadi ringan dan sederhana.[1] Pendekatan desain pengembang distro ini berfokus pada kesederhanaan, keanggunan, kebenaran program dan minimalisme.[2] "Kesederhanaan" didefinisikan sebagai "... tak perlu tambahan, modifikasi, atau komplikasi .." sesuai sudut pandang pengembangnya bukan sudut pandang pengguna.[3]

     Terinspirasi dari CRUX, sebuah distro minimalis lain, Judd Vinet memulai proyek Arch Linux pada bulan Maret 2002. Vinet memimpin proyek sampai 1 Oktober2007, ketika dia lengser karena kurangnya waktu, dan menyerahkan proyek dalam pengawasan Harun Griffin.[4] Pengucapan Arch Linux adalah [ɑːrtʃ] atau [aːtʃ] (seperti pada kata archer atau parchment).[5]Archlinux adalah sebuah binary-dystro.
18.Macintosh, atau disingkat Mac, adalah salah satu jenis komputer personal berbasis PowerPC yang diproduksi oleh Apple. Komputer ini dinamakan berdasarkan McIntosh, jenis apel yang disukai Jef Raskin. Macintosh diperkenalkan pertama kali pada bulan Januari1984 lewat iklan Super Bowlyang fenomenal. Macintosh adalah komputer pertama yang memperkenalkan sistem antarmuka grafis (GUI).
19.Singkong Linux adalah sebuah sistem operasiLinux (distro Linux) berbasis Slackware buatan Indonesia.


Bagikan :
+
Next
This is the current newest page
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Jenis-Jenis Sistem Operasi Berbasis GUI"

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top